Manajemen Strategi Kafe dengan Visi Inklusi (Studi Kasus di Kopi Hening Salatiga)
Keywords:
Manajemen Strategis, Inklusi, Swot Analysis, Marketing Mix, UMKMAbstract
Kajian yang dilakukan dalam penelitian ini tentang strategi manajemen yang diterapkan oleh pemilik kafe Kopi Hening. Kafe kopi Hening berlokasi di Kotamadya Salatiga, Jawa Tengah. Pemilik dan pengelola kafe Kopi Hening merupakan penyandang diaabilitas yang sebelumnya dilatih lewat program pelatihan untuk disabilitas oleh Perpustakaan Kota Salatiga. Semenjak berdiri, dua tahun lalu, kafe Kopi Hening memiliki visi yang unik, yakni melayani penikmat kopi dan memperkenalkan bahasa isyarat kepada tiap konsumen yang berada di kafe tersebut. Sebagai kafe yang masuk dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pengelola kafe Kopi Hening memiliki keunikan dan mampu bertahan ditengah kompetisi kafe kopi di Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelola kafe dalam mempertahankan usahanya dalam segmen pasar kafe kopi. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Metode analisa terhadap data dan penarikan kesimpulan menggunakan triangulasi terhadap waktu, infromasi, dan narasumber. Hal ini digunakan untuk memperoleh data yang akuran dan relevan. Tujuan penelitian ini adalah memahami strategi yang diterapkan oleh pengelola kafe Kopi Hening dalam memposisikan bisnis kafe kopi mereka, dengan memperhatikan kondisi pengelola kafe yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran dan komunikasi. Pendekatan manajemen Kopi Hening mencakup analisis situasional menggunakan metodologi SWOT dan Marketing Mix, dengan mengidentifikasi kekuatan dalam kualitas produk dan misi inklusif yang memandang disabilitas sebagai kekuatan daripada hambatan. Penelitian ini mengungkapkan adanya tantangan dalam komunikasi karena gangguan pendengaran semua staf, namun juga menemukan peluang seperti meningkatnya minat pelanggan untuk belajar bahasa isyarat dan dukungan pemerintah bagi UMKM yang dikelola oleh penyandang disabilitas.
References
Al Kausar, Bakri, S. W., Sudirman, Fajriansyah, & Agusta, R. (2022). Dampak Penerapan Manajemen Strategi Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 5(1), 20–32. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v5i1.45
DeVellis, R. F. (2017). Scale Development Theory and Applications (Fourth Edition). SAGE Publication, 4, 256.
Didan Akbar Zaelani, & Ade Yunita Mafruhat. (2022). Hak Memperoleh Pekerjaan bagi Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Bandung di Masa Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Economics Studies, 2(2), 16–29. https://doi.org/10.29313/bcses.v2i2.4652
Haryono, T. (2015). Pentingnya Menjaga Dan Meningkatkan Hubungan Baik Dengan Konsumen Dalam Masa Krisis. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 3(1), 75–82.
Jannah, M., Faizah, A. N., Indraputri, A. J., Puspita, V. E., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Pentingnya Analisis Swot dalam Suatu Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. IJESPG Journal, 2(1), 9–17. http://ijespgjournal.org
Lestari, D. A., & Nurwahyudi, M. R. (2023). Peran Marketing Mix Pada Upaya Meningkatkan Penjualan Di Pt Medeq Mandiri Utama. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 15(2), 86–97. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.625
Muhammad, A. M. (2024). Pentingnya Hubungan Bisnis dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 53–60.
Riami, P. I. (2019). Komunikasi Bisnis Tunarungu Dalam Upaya Menjalankan Usaha (Studi Pada Andri Tunarungu Usaha Motor Pango Raya Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9820/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9820/1/Putri indah riami skripsi WATER MARK 150.pdf
Roisah, R., Hakim, L., & Mukminin, A. (2018). Strategi Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi UKM Baju Bayi Inda Collection). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 340–347. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Sinaga, D. (2023). Buku Ajar Metodelogi Penelitian (Penelitian Kualitatfi).
Yanti, T. A. (2024). Strategi Membangun Usaha Berkelanjutan Study Kasus MW Cafe. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 324–333.
Shukla, Paurav. 2008. “Exploratory Research Design.” Essesntials of Marketing Research : Part
: 29–37. https://nscpolteksby.ac.id/ebook/files/Ebook/Business Administration/Marketing
Research an Introduction (2008)/3. Chapter 2 - Exploratory research design.pdf.
Shalhan R Waliana, Hanny Ahfiar & Heru Ryanto Budiana (2022) Tahapan Pembentukan Brand
Awarness Lo.Ka.Si Coffee and Space Sebagai Co-working Space. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 6, No. 1, April 2022 (hlm 188-202)
Warliana, S. R., Hafiar, H., & Budiana, H. R. (2022). Tahapan Pembentukan Brand Awareness Lo.Ka.Si Coffee and Space Sebagai Co-Working Space.Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis,6(1),188. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.18067