Pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan penjualan dimediasi keputusan pembelian semen Bosowa Maros

Authors

  • Muhammad Nur Alamsyah Mangarengi STIEM Bongaya, Indonesia
  • Muhammad Akob STIEM Bongaya, Indonesia
  • Hasbiyadi Hasbiyadi STIEM Bongaya, Indonesia

Keywords:

Harga, Promosi, Penjualan, Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan penjualan dimediasi keputusan pembelian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif data primer melalui penyebaran kuesioner terhadap 96 responden pemilik toko/penjual semen bosowa maros di kota makassar. Metode analisis menggunakan analysis path structural equation model dengan bantuan alat analisis smart-PLS.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga (t statistics 6,609 > 1,96 dan nilai p-values 0,000 < 0,05), variabel promosi (t statistics 5,418 > 1,96 dan nilai p-values 0,000 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dan variabel harga (t statistics 3,446 > 1,96 dan nilai p-values 0,001 < 0,05), variabel promosi (t statistics 5,888 > 1,96 dan nilai p-values 0,000 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, lalu variabel keputusan pembelian (t statistics 5,622 > 1,96 dan nilai p-values 0,000 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Sedangkan hasil penelitian pengaruh tidak langsung variabel harga terhadap peningkatan penjualan yang dimediasi keputusan pembelian (t statistics 2,874 > 1,96 dan nilai p-values 0,004 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan. Dan variabel promosi terhadap peningkatan penjualan yang dimediasi keputusan pembelian (t statistics 3,962 > 1,96 dan nilai p-values 0,000 < 0,05) hasilnya berpengaruh positif dan signifikan.

References

Abedian, M., Amindoust, A., Maddahi, R., & Jouzdani, J. (2022). A game theory approach to selecting marketing-mix strategies. Journal of Advances in Management Research, 19(1), 139-158.

Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 3(3), 123–128. Retrieved from https://e-resources.perpusnas.go.id:2119/id/publications/423320/pengaruh-promosi-penjualan-terhadap-kepuasan-pelanggan-melalui-keputusan-pembeli

Agustina, I. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Semen Di PT. Sinar Gemilang Perdana Mandiri Medan. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 3(2), 14–20.

Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang.

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen Restoran KFC cabang khatib Sulaiman Padang.

Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. J. Ilman J. Ilmu Manaj, 9(2), 55-61.

Al Fajri, H., Samsir, S., & Ganarsih, R. L. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Desain Terhadap Kepuasan Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian Pada UD Pintu Rezeki Perabot Pasir Pengaraian. Jurnal Daya Saing, 9(3), 843-847.

Benaino, C. A., Tampi, J. R., & Tumbel, T. (2017). Pengaruh Harga Terhadap Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Xenia Pada Pt. Astra Daihatsu Tbk Cabang Malalayang Manado. Paper Knowledge, 3.

Buyung, S., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2016). Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Tiga Roda Di Toko Lico. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 04 Tahun 2016, 16(4), 376–386.

Dangi, A., Saini, C. P., Singh, V., & Hooda, J. (2021). Customer perception, purchase intention and buying decision for branded products: measuring the role of price discounts. Journal of Revenue and Pricing Management, 20(2), 194-203.

Diansyah, D., & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2).

Dzikrulloh, A., Muhtarom, A., Sulaeman, M. M., & Santoso, M. H. B. (2022). Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada Usaha UMKM. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 833–840. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2648.

Elena, V., Pogorelova, E., Yakhneeva, I., Agafonova, A., & Prokubovskaya, A. (2016). Marketing Mix for E-commerce. International journal of environmental & science education, 11(14), 6744-6759.

Fakhri, R. (2020). Pengaruh Promosi penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Lautan Rezeki Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(3), 255-261

Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1873

Gaghana, C. N., Tampi, J., & Kalangi, J. (2017). Pengaruh Harga terhadap Peningkatan Penjualan Produk Semen Tiga Roda Pada PT Robcaga Beo Kab Kepulauan Talaud. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 5(3).

Harahap, R. A., & Lutfi, H. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome (Studi Kasus Telkom Cijawura Tahun 2020). EProceedings of Applied Science, 6(2).

Jandri, D., Ali, A., & Salis, M. (2022). Pengaruh ketersediaan produk, harga jual dan pelayanan terhadap keputusan pembelian produk semen padang pada Toko Reza Bangunan di Airtiris. Jurnal Riset Manajemen, 1–10. Retrieved from https://repo.stiebangkinang.ac.id/id/eprint/152

Jiang, B. and Srinivasan, K. (2016), “Pricing and persuasive advertising in a differentiated market”, Marketing Letters, Vol. 27 No. 3, pp. 579-588.

Latan, H., & Ghozali, I. (2019). Partial Least Squares: Concepts, Techniques and Applications using SmartPLS 3 (2nd Editio). Semarang: Diponegoro University Press.

Lopsulin, S. (2016). E-commerce Market in Russia reached $13.9 Billion. Direct access: http://www. cnews. ru/news/top/2016-03-02_rynok_elektronnoj_kommertsii_v_ rossii_dostig_13. Retrieved from http://www. cnews. ru/news/top/2016-03-3.

Manik, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan (Studi Pada Perumahan Serpong Garden). Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1), 40–56.

Marcelina, I. Y., Bintoro, K., & Nawangsari, L. C. (2023). Analisis Marketing Mix pada Keputusan Pembelian di Aneka Frozen Foods. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5301-5312.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Marlius, D., & Putra, M. R. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada Pt. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1085–1104. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.146

Nelson, N., Kuswarak, K., & Renopka, R. (2020). Analisis Marketing Mix Terhadap Keputusan. JMMS : Jurnal Manajemen Mandiri Saburai, 04(04).

Pratiwi, P. A. O. A., & Sudiksa, I. B. (2013). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Konsumen dalam pembelian Mobil Toyota Avanza. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2 No. 9(marketing mix), 1053–1070.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 150-160

Rasmussen, A. (1955). Pristeori eller parameter teori?(“Price Theory or Parameter Theory?”). Ehrvervsökonomisk Forlag, Copenhagen.

Said, M. (2022). Strategi Marketing Mix Terhadap Tingkat Penjualan Semen (Studi Kasus Pt Semen Tonasa Di Kabupaten Pangkep). Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 166–172. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.2017

Saputra, Y., & Khairunnisa, K. (2022). Pengaruh Marketing Mix Yang Di Mediasi Oleh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Surya Naufal Farm. MABIS: Jurnal Manajemen (X). Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/mabis/article/view/6901

Siahaan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 31-35

Sitepu, J. H., Khair, H., & Pasaribu, F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian”(Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 200-214

Solikhah, E. W., Fatmawati, I., Widowati, R., & Suyanto, M. (2023). Factors Influencing Purchase Decisions on Online Sales in Indonesia. In Artificial Intelligence and Transforming Digital Marketing (pp. 329-339). Cham: Springer Nature Switzerland

Sugiarto, H. T., & Putro, T. A. (2019). Analisis Kualitas Produk guna Meningkatkan Penjualan pada UD Batu Indah Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 4(2), 147–155.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian (6th ed.; Anya, ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Suyoso, A. P., Yulianto, E., & Kusumawati, A. (2017). “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Ekspor (Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 114–120.

Tsani, A., Sume, S. A., & Kuraesin, E. (2019). Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 81. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1867

Venaik, S. and Midgley, D.F. (2019), “Archetypes of marketing mix standardization-adaptation in MNC subsidiaries”, European Journal of Marketing, Vol. 53 No. 2, pp. 366-399

Wichmann, J. R., Uppal, A., Sharma, A., & Dekimpe, M. G. (2022). A global perspective on the marketing mix across time and space. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 502-521.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Mangarengi, M. N. A., Akob, M., & Hasbiyadi, H. (2024). Pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan penjualan dimediasi keputusan pembelian semen Bosowa Maros . Digital Business: Tren Bisnis Masa Depan, 15(4), 225–236. Retrieved from https://ejournal.cria.or.id/index.php/db/article/view/192